Kreasi Tanaman Padi ala Jepang

Kalau berbicara tentang negara Jepang, pasti asumsi kita akan langsung menuju topik otomasisai, robot, teknologi dll. Ets…jangan salah dulu…tidak semua di Jepang sangat mengedepankan hal baru. Ini bisa dilihat bagemana negara Jepang melindungi seni budayanya walaupun sudah berumur ribuan tahun, antara lain adalah SATOYAMA. Setahu saya, satoyama adalah tata cara orang Jepang dalam menyeimbangkan kehidupan dengan lingkungannya termasuk tanaman dan hewan sehingga tercipta hubungan interaksi yang saling mendukung. Kalau Anda ingin mengetahui lebih detail tentang satoyama, banyak wisata satoyama yang terletak di desa-desa dan biayanya lumayan cukup mahal…padahal intinya adalah kembali ke desa yang asri tanpa adanya pengaruh kemajuan teknologi.
satoyama

Tidak hanya satoyama yang menari buatku, tetapi seni menanam padi menjadi perhatianku pula. Kalau di Gelora Bung Karno, kita bisa membuat atau mengatur penonton di tribun menjadi sebuah lukisan…demikian padi di sawah dibuat kreasi yang menarik. Sebuah kelompok pertanian di Inakadate, Jepang, memiliki ide unik untuk menarik para wisatawan dengan membuat perubahan besar di daerah mereka. Para petani membuat gambar yang luar biasa dengan menanam padi yang miliki berbagai variasi warna di lahan pertanian mereka. Tradisi ini dimulai pada 1993 ketika para petani berkumpul dan berpikir apa yang bisa mereka lakukan untuk ‘mewarnai’ lingkungan mereka. Akhirnya muncul ide menarik untuk menggabungkan antara tradisi bertani lama dengan seni kreatif. Berikut ini foto2nya :
13
2

Para petani memutuskan untuk menggunakan padi dengan berbagai warna untuk menciptakan semacam lukisan. Mereka menggunakan berbagai warna seperti warna hijau yang umum ditemukan, sampai dengan padi dengan warna daun coklat, putih, dan kuning.
11

Semakin lama, semakin banyak gambar yang ditampilkan, mulai dari karya seniman Jepang seperti Sharaku sampai dengan gambar Napoleon. Ide ini akhirnya berbuah hasil, makin banyak turis yang datang ke desa ini, dan desa ini pun akhirnya mendapat berbagai tambahan penghasilan dari datangnya para turis.
6
11

One response to “Kreasi Tanaman Padi ala Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s