Belajar Lego Mindstorms NXT (1)

Sebenarnya artikel ini cocok untuk adik-adik yang berusia mulai dari 7 -12 tahun, tetapi kalau teman-teman ada yang mau belajar ya tidak masalah…kan ngejar ilmu sampai ke negeri tirai bambu…begitu kata petuah orang tua kita.

Sebenarnya saya membeli Lego Mindstorms NXT awalnya hanya untuk mencoba mengalihkan perhatian anak saya si Omy yang berusia 3 tahun dari hobby membeli dan mengoleksi berbagai tipe mainan mobil-mobilan! Selain itu agar dia interested ke mainan robot dan sekaligus meningkatkan stimul daya logikanya…begitu kata para psikolog kalau berbicara di seminar. Dan yang jelas…ini tidak ada pesan dari sponsor!

Ketika saya akan membelikan Mindstorms NXT untuk si Omy, saya sempat menelpon dan bertanya beberapa distributor di Indonesia yang aku kenal. Versi Lego Mindstorms NXT ada dua tipe, yaitu :
1. NXT 8257
Versi ini memang untuk retail dan jumlah komponennya lebih sdikit dibanding versi yang satunya.
11

2. NXT 9797
Versi ini sangat support untuk education version. Jadi terserah ke Anda bila mau membeli.
2

Ketika saya bertanya harga, distributor di Bandung membandrol harga :Rp. 4,8 jt untuk versi NXT 9797, sedangkan distributor Surabaya dengan harga Rp 5,4jt untuk versi NXT 8257. Semuanya belum termasuk ongkos kirim. Wah kok lebih mahal harganya bila dibandingkan di internet, maka kuputuskan saja beli langsung di internet. Saya beli di US dengan harga Rp. 3 jt sudah termasuk ongkos kirim untuk versi NXT 8257.
P1010327

Mindstorms NXT memang didesain untuk anak-anak sehingga tidak menyulitkan mereka. Sama saat kita belajar robot, Mindstorms NXT pun sudah dilengkapi dengan beberapa bagian, antara lain :
1. Otak (mikrokontroller),
2. Sensor (ada sensor suara, jarak, dll)
3. Penggerak (servo motor)
4. Software
5. Perangkat penunjang lainnya
Belajar menjalankan Mindstorms NXT sangat mudah karena semua sudah dibuat simple, sangat berbeda saat kita belajar membuat robot dengan mikrokontroler yang harus mengerti tentang bahasa pemprograman.

Oke…introductionnya mungkin cukup sekian dulu…ntar saya sambung ke munu inti belajarnya.

Salam,

Munadi A

10 responses to “Belajar Lego Mindstorms NXT (1)

  1. Salam Kenal,

    Saya sedang mencari orang yang tertarik dengan NXT dalam rangka mengembangkan lembaga pendidikan saya, ada kenalan dari Mas Munadi? Thanx..:)

  2. Memang seh qualifikasinya bs bahasa yg lain juga seperti c, mikrokontroller sedikit krn ke depannya ingin bangun lembaga research. Tp yg paling penting memang suka dunia robotik. Kl ilmu kan bs diupdate..hehe Tempatnya untuk di Jakarta Utara. Kl Pak Munadi gerak di bidang apa?

  3. Sekarang masih lembaga pendidikan kursus. Ke depannya ingin dikembangkan menjadi intrakurikuler sekolah, krn itu butuh tim yg punya dedikasi untuk pendidikan anak jg..hehe Boleh minta email bpk atau no hp bpk?🙂 Email sy martin_wijaya88@yahoo.com. No hp saya 0818 0607 4988. SMS aja no hp bpk supaya kita bs ngobrol lebih lanjut..:)

Leave a Reply

