Mengubah Hobby Design Grafis Menjadi Uang

Dulu pada saat punya waktu senggang saat masih kuliah S1, aku memang suka banget otak-atik (otodidak) software “AutoCAD” yang merupakan software drafting untuk desaign baik design mesin ataupun arsitektur (bangunan). Tidak hanya AutoCAD saja yang aku bedah, banyak software lainnya pula seperti Solidworks, Pro-Eng. Tetapi dipasaran atau dunia kerja, AutoCAD memang sangat populer karena harga softwarenya cukup murah dibanding yang lain, akhirnya software ini aku pilih. Ketika bekal kemampuan AutoCAD sudah cukup, aku beralih ke design grafis dengan belajar sendiri (otodidak) beberapa software grafis dan yang menjadi pilihanku “photoshop dan corel draw“. Dua software grafis ini cukup bisa membuat aneka poster, banner, mengolah foto dan manfaat lain.

Ternyata hikmah belajar sesuatu itu tidak tahu kapan datangnya…Allah hu Alam. Hikmahnya ketika aku gak sengaja ngegambar dilaptopku, ada salah satu temanku yang lihat. Dia kemudian tertarik dan sedang butuh gambar untuk poster, banner dll. Singkat cerita aku dipertemukan dengan bos perusahaannya dan pada waktu itu dihargai lumayan cukup untuk beli bensin kendaraan sekalian uang jajan. Karena kebetulan waktu itu dompetku banyak kosongnya, aku sanggupi aja. Dan alhamdulilahnya ternyata setelah itu banyak tawaran yang datang dan permintaan mulai melebar ke design interior dan eksterior. Ya akhirnya aku kerjakan sama teman-teman arsitek. Walaupun aku anak mesin sendirian diantara anak arsitek, ternyata nyambung juga bila ngomongin lay-out design interior maupun eksterior. Saat-saat awal lumayan berat juga ketika diminta untuk menangani design sampai dengan pelaksanaan. Berkat kebersamaaan sama-teman-teman, akhirnya bisa menghasilkan output yang bagus dan konsumen puas. Gambar-gambar berikut ini mengingatkanku pada design-design awal saat menangani langsung dilapangan bersama teman-teman atas beberapa pekerjaan design dan pelaksaaan pameran. Foto tiga orang merupakan foto bersama dua sohibku ketika awal-awal merintis usaha dimana sering kita bergantian di lapangan bahkan tidur dilapangan bersama tukang-tukang untuk memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana. Hmmm…natsukashii!

Intinya…hobby atau kesenangan itu memang bisa dikembangkan ke hal yang positif. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk berlatih meningkatkan kemampuan yang ada hubungannya dengan hobby, maka kelak akan menuai hasilnya. Selain itu penting pula untuk meningkatkan pengetahuan (baca buku atau belajar dari ahlinya), dan membina hubungan yang baik dengan teman atau relasi untuk membina kepercayaan (trust). Selain itu tidak kalah penting adalah meningkatkan jiwa leadership karena dengan berkembangnya waktu, maka tidak menutup kemungkinan hobby yang kita kembangkan bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain juga dan menjadikan sebuah perusahaan.

Alhamdulilah dengan berjalannya waktu sekarang bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain…setidaknya keberadaan kita bisa membantu orang lain. Paling sedih dan gembira kalau bulan ramadhan seperti ini khususnya mendekati idul fitri, dimana harus memberikan THR kepada semua karyawan. Sedihnya…harus mikir untuk bisa menyediain uang dan gak ganngu cash-flow untuk THR dll agar jangan sampai ada karyawan yang gak dapat THR, sedang senangnya bila bisa memberikan THR plus bonus lebaran, sehingga mereka bisa merayakan lebaran bersama keluarga dengan suka cita. Semoga beberapa perumahan yang selesai, sedang proses dikerjakan dan yang akan dikerjakan membawa rejeki yang barokah bagi semuanya.

3 responses to “Mengubah Hobby Design Grafis Menjadi Uang

  1. inspiratif sekali. kebetulan saya juga senang utak-atik photoshop. meski saya kuliah jurusan akuntansi. tapi saya suka hal2 yang berbau seni dan kreatif. mudah2an bisa sukses seperti anda nantinya. Amin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s