Nomikai dan Karaoke

Saat dulu pertama kali diajak teman-teman bergabung diacara “Nomikai (飲み会)” terasa sangat canggung, tetapi setelah dua kali udah menjadi biasa juga. Satu lagi budaya keseharian orang Jepang, namanya “Nomikai” yang bisa diartikan “pesta minum minuman alkohol“. Emang tersedia banyak minuman beralkohol tetapi tergantung kita apa mau ikut minum minuman beralkohol atau minum lain yang tanpa alkohol. Party jenis ini sangat lazim dilakukan orang Jepang dalam menyambut kehadiran/perpisahan (welcome/farewell party) teman baru/lama ditmpt kerja/lab, merayakan kesuksesan atau bahkan hanya untuk menghilangkan stress bersama teman-teman sepulang dari kerja. Klo di Ina, party biasanya hari Sabtu malam Minggu, tetapi “Nomikai” ini tidak selalu malam minggu justru biasanya hari kerja karena malam minggu adalah waktu bersama keluarga atau pacar.

Banyak tempat dimana bisa kita jumpai party “nomikai“, namanya “Izakaya” yang merupakan semacam bar atau cafe. Ciri utama tempat ini adalah terdapanya “lampu lampion” yang digantung di depan pintu masuk. Jadi jangan salah pilih tempat bila cari tempat makan…^_^. Acara “Nomikai” biasanya dimulai dengan cara “campaign” bersama-sama, selanjutnya yunior (kohei) menuangkan minuman untuk senior (senpai) lalu dilanjutkan sambutan singkat dari orang yang jabatannya paling tinggi, klo di lab biasanya “Sensei“. Selanjutnya makan-makan dan minum-minum sambil ngobrol. Berbagai menu makanan seperti yakitori, kushiyaki, dan sashimi disajikan untuk dimakan rame-rame, bukan sendiri-sendiri.

Paling sebel diacara ini bila teman-teman telah sepakat “ngerjain” diriku. Karena mereka tahu aku ndak bisa makan “butaniku (ぶたにく)“, salah satu juniorku (kohei) menyodorkan makanan untukku…dia bilang “kono tabemono…oishi…douzo senpai (makanan ini enak senior…silahkan)”. Ketika aku ambil dan sudah didepan mulut…serempak semuanya bilang “stop” sampai semua orang nengok ke arahku. Teman seangkatan yang duduk dekatku sambil ketawa-ketiwi nyeletuk “butanika ga dekimasu ka (bisa makan butaniku)?”. Whattt….bulset dah…untung aja belum masuk mulut!

Bila teman-teman belum teler…biasanya kita selanjutnya ke karaoke, tapi biasanya aku cari-cari alasan pulang dulu or gak bisa gabung karena ngantuk…padahal sebenarnya aku gak suka karokean…mendingan main badminton. Sialnya pernah teman baikku minta agar aku bisa gabung…ya terpaksa dah ikut. Dan sialnya pula aku didaulat untuk nyanyi…ampuh dah…mending disuruh mprogram robot aja. 5 menit milih lagu gak dapat-dapat…alhamdulilah ada junior perempuan di labku yang baik hati bantu nyariin lagu yang kira-kira melodinya gak cepet dan lirik lagunya mudah. Yosss….akhirnya walaupun dengan berkeringat dingin karena ada Sensei…^_^, aku berhasil juga nyelesaiin satu lagu ini “Sakura Mankai“.

4 responses to “Nomikai dan Karaoke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s