Alhamdulilah…satu proses terlewati

Bulan Ramadhan kali ini memberikan berkahnya kepadaku. Hari kemarin tanggal 3 Agustus 2011, alhamdulilah aku selesai melaksanakan final sidang doktorku. Di hadapan 6 professor: Prof. Tomohide Naniwa (Robotics), Prof. Yoichiro Maeda (Mobile Robot), Prof. Kazuyuki Murase (Neural Network), Prof. Yasuhiro Yamada (Mechatronics and Mechanical System), Prof. Dan Tanaka (Intelligent Systems), dan klo gak salah Prof. Yasuhiro Ogoshi (Human interface), aku memaparkan hasil reserachku. Lengkap sudah para prof yang datang dari latar belakang ilmu dan keahlian yg berkaitan dengan tema reserchku. Suasana pada sidang final sangat berbeda saat sidang I doktroal bulan Juni kemarin. Semua sensei (Prof) diam seribu bahasa pada saat saya mulai mempresentasikan hasil reserchku tentang hybrid adaptive dan learning controller. Mereka memperhatikan dengan sekama slide presentasiku. Selama 40 menit aku presentasi dilanjutkan tanya jawab.

Alhamulilah setelah sekitar 1,5 jam….aku bisa melewati proses ini. Hasilnya baru diberitahu sore harinya. Sebenarnya keutamaan berhasilnya menyelesaikan doktoral ditentukan oleh publikasi yang dihasilkan karena parameter kelulusan sangat jelas yang telah disampaikan pertama kali oleh Sensei kepadaku di tahun I yaitu harus menghasilkan minimal dua paper publikasi internasional dan dua conference internasional dalam kurun waktu 3 tahun yang sebenarnya waktu efektif sepenuhnya hanyalah 2 tahun. Sekali lagi…aku sangat bersyukur bahwa kerja kerasku selama ini dari pagi hingga malam telah terbayar ketika Sensei memberitahuku bahwa aku telah berhasil dan lulus.

Tak berlebihan bahwa selain kerja keras, doa ortuku selalu menyertai langkahku semenjak menginjakkan kakiku di tanah Jepang. Selain itu doa keluarga dan saudara-saudaraku yang selalu mensupport langkah-langkahku dalam menggapai masa depanku. Terima kasih Ya Allah…engkau berikan rahmat dan berkah bulan ramadhan kali ini kepadaku….semoga ilmu yang aku miliki bisa membawa manfaat bagi orang lain….amin.

4 responses to “Alhamdulilah…satu proses terlewati

  1. Ananda Munasdiakrom,
    selamat atas keberhasilan anda mendapat gelar PhD
    Sungguh bangga bahwa ada warga Pati yang maju dan bidangnya sangat khusus karena mencakup masa depan teknologi.
    Selamat berpuasa.
    Gufron

  2. Bapak….terima kasih sekali atas ucapannya dan doanya….
    Semoga saya bisa mencontoh sikap-sikap Bapak yang telah dilakukan Bapak dan keluarga demi orang lain….
    Salam buat Bapak sekeluarga…..
    Munadi A

Leave a Reply

