Homesick … Kangen Pulang

Tidak terasa sudah hampir 3 tahun waktuku kuhabiskan hidup di Jepang. Banyak hal baru yang aku temukan, dari ritme masyarakat Jepang maupun yang berkaitan dengan penelitianku tentang perkembangan teknologi robotika. Kadang perasaan “homesick” sangat terasa sekali. Aku yakin setiap orang yang hidup di luar negeri pasti sekali-kali akan merasakan “homesick” untuk pulang ke Indonesia. Rasa kangen ingin pulang ini sangat terasa sekali dipertengahan bulan Juni kemarin, dimana setelah selesai sidang pertama doktorku, ingin banget pulang bertemu anak semata wayangku si “Omy” yang sudah TK kecil selain itu tentunya bertemu istri & orang tua. Walaupun Sensei kemarin memberi ijin bila ingin pulang sebentar ke Indonesia, saya sepertinya berpikir ulang karena masih banyak kerjaan yang harus aku selesaikan. Terpaksa harus kuredam lagi perasaan “homesick” dengan melakukan berbagai aktivitas sehingga bisa melupakan hal tersebut.

Homesick bisa terjadi pada semua orang, kapanpun, dimanapun, utamanya terjadi pada seseorang yang tinggal jauh dengan keluarganya. Itu sangatlah manusiawi. Cara menghilangkan homesick setiap orang pasti berbeda. Ada yang dibuat jalan-jalan untuk membunuh waktu, ada yang karena kesibukan di kampus atau kantor akhirnya homesickness itu hilang dengan sendirinya, ada pula yang mengabiskan waktu dengan menbaca atau ada yang menelpon keluarga untuk menghilangkan rasa jenuh karena efeknya cukup manjur bagi sebagian orang dengan mendengarkan suara orang-orang yang dicintainya. Pada dasarnya setiap orang melakukan cara yang berbeda, tergantung individu masing-masing.

6 responses to “Homesick … Kangen Pulang

    • Hahaha…agar hidup bs seimbang aja kok Mas. Wah klo sy bhs jepangnya parah banget…klo mau bener2 bs & bagus sebaiknya intens 1 thn di Bandung or Jakarta or Tokyo ada sekolahnya….dan itu bagus bgt.

  1. Hahaha…soalnya saya tertarik sekali sama jepang…dari dulu
    tapi belom kesampean…=_=.
    oya…sekolah yg di bandung di daerah mananya ya ??

    • Jgn menyerah mas…selama ada niat … kesempatan bs dicari.
      Klo dibandung gak salah di univ padjajaran atau lembaga bhs jepang dkt taman sari ITB dpn pertigaan. Selain itu sy justru rekomandasi ke Kursus Bhs Jepang Junsui Al Karawaci Tangerang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s