Manfaat Musik untuk Keharmonisan Fisik dan Mental

Saat ini jenis MUSIK banyak sekali, dari dangdut, pop, jazz, rock dan banyak jenis musik baru yang dikembangkan. Musik mempunyai banyak manfaat, bukan hanya sekadar untuk hiburan. Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, menjelaskan bahwa melodi yang baik merupakan obat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan musik bisa meredakan rasa sakit, mengurangi stres, serta memperbaiki mood. Untuk manfaat lain mungkin saya bukan ahlinya untuk membahas, tetapi berkenaan untuk mengurangi stres serta memperbaiki mood telah saya buktikan.

Karena dari pagi sampai malam kerja dengan laptop dan robot yang penuh dengan pekerjaan pemprograman, sering membuat tingkat stres atau ketegangan pikiran cukup mengganngu terutama bila sudah berada diatas jam 21.00. Hal ini wajar karena tingkat ketahanan tubuh tentu ada batasnya yang mengharuskan kita rehat. Tetapi sekali lagi karena waktu sangat berharga, maka kadang kita tidak bisa menuruti atau mematuhi pola hidup yang benar-benar teratur dan sehat untuk mengejar target bisa terselesaikan. Makanya setiap hari bisanya mulai jam 15.00, headphoneku sudah menempel pada kedua telingaku agar sedikit bisa relax dengan alunan musik yang mempunyai melodi pop atau jazz, seperti lagunya
N’sync” ketika masih jaya dengan judul lagu “Bye Bye Bye“. Tetapi ketika jam sudah menunjukkan jam 21.00, biasanya musik yang memiliki melodi remix atau rancak yang aku pilih untuk menurunkan kepenatan seperti lagu “Hips Don’t Lie” dari mbak “Shakira” yang bikin kaki bergoyang. Yang jelas musik bisa digunakan untuk menemukan keharmonisan antara fisik dan mental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s