Sang Pencerah

Setiap usaha untuk mewujutkan cita-cita wajiblah ditempuh dengan berbagai cara yang benar sesuai dangan aturan ataupun kaidah agama yang kita peluk. Kadang Allah SWT memberi jalan yang begitu mudah bagi si A tetapi sangat berliku dan menanjak bagi si B. Walaupun sepertinya dirasa “tidak adil“, tetapi Allah SWT selalu memberikan maksud baik tertentu yang kita sendiri sebagai makluk kecil dihadapan-Nya tidak bisa melihatnya secara langsung. Memang kalau melihat keindahan gunung itu harus mendaki dulu baru bisa menikamati pemandangan dari puncak atas gunung bukan di lembahnya.

Setidaknya perasaan itu yang aku rasakan tadi malam ketika akhirnya jam 00.30 JST aku bisa pulang ke apartment dengan sedikit lega setelah beberapa hari dihajar kerjaan di lab yang masuk date line semua pada hari Jum’at ini yang sempat membuat badanku panas gara-gara tiga hari berturut-turut paling bisa tidur beberapa jam di atas kursi dalam lab. Jalanan yang begitu hening dan udara malam yang sejuk membuat suasana malam menjadi sunyi senyap. Tetapi sekali lagi, Allah SWT tidak tidur akan melihat usaha yang telah kita lakukan. Semua hal yang kita lakukan baik yang mudah dan susah …pasti akan memberikan makna di kemudian hari.

Setidaknya kisah-kisah nyata telah banyak memberikan bukti atas pernyataan diatas. Tidak usah jauh-jauh, bagaimana dulu pernah diceritaain ortu ketika saat kuliah karena tidak punya uang untuk bayar kuliah, beliau jualan koran dan menjual pakaian demi bisa bayar kuliah. Berkat kesabaran, usaha dan ikhtiyarnya, akhirnya Allah SWT mempermudah jalan kedepanya. Kisah lain yang sempat difilmkan adalah kisah perjuangan “Kyai Ahmad Dahlan” dalam “Sang Pencerah“. Beliau adalah pembentuk organisasi “Muhammadiyah” dengan tujuan mendidik umat Islam agar berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman. Yang aku suka dari garis perjuangan sosial beliau adalah bidang pendidikan dan kesehatan bukannya politik.

Semoga aku tetap diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk mewujutkan salah satu cita-cita yang belum aku pegang agar segera bisa terwujud dengan ditunjukkan jalan yang memberikan kenikmatan bukan kesesatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s