Ayam Kecap Spesial

Yap….akhirnya berhasil juga…. Mungkin itulah ekspresi kegembiraanku ketika dihari minggu yang lalu berhasil membuat menu ayam kecap spesial yang terasa nikmat. Jujur aja dari kecil smp besar, aku gak bisa masak. Ketika msh tinggal sama ibu, pasti ibu yang membikinkan dari nasi goreng sampai apapun. Ketika sudah menikah, si bibi yang memasakkan…., maklum waktu aku menikahi istriku tanpa ada kontrak “harus bisa masak” ^_^.

Ketika dinegeri orang dan hidup di apato (apartment) sendiri, mau gak mau aku harus bisa memasak terlebih karena banyak makanan yang ada di supermarket gak halal untuk dimakan bagi umat muslim. Aku selalu bereksperiment resep-resep masakan yang diperoleh dari “mbah google” atau “mbak youtube” bila ada waktu luang dan ingin memasak. Ternyata mengasikkan juga bila memasak dengan semua bahan tersedia.

Awalnya bila memasak ayam, aku kurang berhasil menghilangkan aroma aslinya tetapi minggu kemarin aku berhasil dan terasa nikmat banget hasilnya. Yah…akhirnya aku berhasil membuat ayam kecap yang nikmat banget. Setelah ayam diolesi dengan kunir, ayam dimasak dalam panci. Setelah setengah masak dilanjutkan ke panci yang sudah ada gorengan tumis bawang bombai, bawang putih plus bumbu-bumbu yang lain termasuk daun jeruk dan tentunya menggunakan margarine. Setelah setengah jam…aromanya terasa mak nyus…setelah diberi kecap manis. Akhirnya aku bisa juga masak ayam kecap manis semi goreng…hahaha…..apalagi dinikamati dengan nasi putih pulen ditengah dinginnya musim dingin penuh salju seperti saat ini.

One response to “Ayam Kecap Spesial

Leave a Reply

