Teman Sejati

Mencari teman memang gampang-gampang susah, apalagi kalau kita berada di kondisi senang, maka lumprah banyak teman yang akan datang. Tapi jangan harap disaat susah, tidak banyak teman yang akan datang…paling hanya teman sejati yang akan datang. Saya teringat ucapan Pak Dr. Toni Prahasto (dosen saya saat S1) di suatu makan malam pas saya ngobrol di rumah ortu beliau di Jkt, beliau bilang bahwa “mayoritas usia 25 s/d 40 menentukan 70 % masa depan“. Entah benar atau tidak menurut banyak orang, tetapi tidak ada salahnya bahwa pendapat tersebut ada benarnya. Demikian pula usiaku yang masuk dalam area diatas. Oleh sebab itu jangan sampai salah berteman yang bisa mempengaruhi masa depan kita. Berikut ini link film yang menurutku bagus bahwa berteman itu bisa mempengaruhi kehidupan kita kedepan.

Sampai saat ini, alhamdulilah aku miliki banyak teman dengan latar belakang yang bermacam-macam, dari “hanya llsan sekolah dasar s/d yang sudah Profesor“, dari “yang preman s/d Kyai yang beriman“, dari “anak tukang pijat s/d anak pejabat“…macam-macamlah intinya dan semua itu membuat aku tambah bisa menilai mana “teman just for fun atau teman sejati” setelah bersama dengan mereka.

Banyak teman yang datang hanya pada saat mereka membutuhkan saja dan anehnya malah kebanyakan dari golongan teman yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi, tapi jangan tanya kalau sedang gak butuh….untuk jawab sms say hallo saja sepertinya berat sekali kayak mau kehilangan uang 10 jt. Tapi alhamdulilah masih banyak teman sejati yang aku miliki sampai dengan saat ini. Salah satu teman sejatiku adalah anak yatim piatu pada waktu kecilnya, saat ini usianya tiga tahun diatas saya dan lulusan S1. Rumahnya hanya tipe 27 m2, tapi jangan tanya keiklasan dan kejujurannya yang selalu bisa memsupport aku pada saat aku dalam kondisi susah. Lain lagi dengan yang lain, dimana latar belakang pendidikanya cukup mantap…S2…istrinya berjilbab setidaknya sering bilang ttg ajaran agama…tapi pada saat butuh datang…tetapi ketika aku susah pasti lari ngemplang. Yah, itulah salah satu dinamika kehidupan…disyukuri saja bahwa Allah SWT menciptakan makluknya dengan aneka perbedaan sifat dan karekter.

Leave a Reply

