Memperpanjang Visa Pelajar

Tak terasa ternyata aku dah dua tahun menjadi penghuni negeri sakura dan ini menandakan aku harus perpanjang visa sebelum aku dideportasi….^_^. Karena masa berlaku visa yang diberikan hanya dua tahun dan waktu belajarku belum selesai, maka aku perpanjang visa di kantor imigrasi. Sudah menjadi kebiasaan jelekku kalau waktu sudah mefet kurang 3 minggu baru aku mengurus padahal dianjurkan satu bulan sebelum masa berlaku visa berakhir.

A. Berikut ini dokumen yang dipersiapkan :
1. Paspor (Passport)
2. Gaikokujin Touroku Shoumeisho (Alien Registration/KTP Jepang)
3. Zairyuu Kikan Kousin Kyoka Shinseisho : formulir permohonan, yang bisa didapat di kantor imigrasi atau di kantor administrasi universitas atau download disini.
4. Daigaku Shoumeisho : surat yang menyatakan diriku adalah pelajar dari universitas dimana saya belajar. Surat ini bisa didapat di kantor administrasi universitas tetapi di tempatku bisa diperoleh cepat lewat mesin administrasi universitas hanya dengan menggesek kartu pelajar.
5. Kenkyuu Shoumeisho : daftar nilai yang bisa diperoleh di kantor administrasi universitas atau lewat mesin adminitrasi.
6. Hoshou Shoumeisho : surat garansi keuangan yang menjelaskan tentang sumber biaya hidup dan sekolah. Karena aku mahasiswa yang dibiayai Monbusho maka aku minta di kantor administrasi universitas. Kalau tidak salah untuk mahasiswa yang dibiayai pemerintah RI, bisa mendapatkannya dari KBRI Tokyo.
7. Zairyuu Kikan Kousin Riyuusho : surat yang menyatakan alasan perpanjangan visa yang harus ditulis dalam bahasa Jepang dan ditulis sendiri dengan format bebas. Walaupun aku gak bisa nulis pakai kanji ada bantuan mbah “Google translate” dan temanku Adrian yang jago untuk ngecek akhir. Surat ini hanya diperlukan untuk mahasiswa ‘selain dengan biaya negara RI’ karena aku selama study dari beasiswa Monbusho.
8. Shunyu-inshi :Materai senilai JPY 4.000 yang bisa dibeli di kantor pos atau kombini, kalau tidak salah justru kantor imigrasi malah tidak menjual materai ini.

B. Kantor Imigrasi (Fukui Branch Office)
Kesan pertama yang saya tangkap adalah kesopanan para satpam dan pegawai, gak seperti satpam di kedutaan di Jakarta yang angker. Setelah naik ke lantai 14, memberikan dokumen dan hanya sekitar 10 menit dinyatakan selesai alias beres.

C. Menunggu 2 Minggu
Sebelum saya pulang, mas petugas imigrasi memberitahu kalo visa baru akan jadi dalam waktu antara 1 s/d 2 minggu tepatnya dia telah memberi tgl jadi visa untuk diambil.

D. Ke Kantor Pemerintah (Shakusho / city hall)
Pas tanggal jadi, aku langsung ke kantor imigrasi kembali untuk ambil visa dengan menyerahkan materai 4000 rb en dan passport, yang kemudian ditempel dengan stiker visa. Waktunya cepet banget paling 5 menit krn kebetulan pas sepi. Setelah itu aku ke shakusho untuk memberitahu kalau visa sdh diperpanjang. Kemudian mas petugas minta passport dan alien card untuk diberi tanggal berlakunya visa yang baru dimana sebelumnya aku diberi form yang hanya kurang lebih satu menit aku isi. Setelah menunggu kurang lebih 10 menit….bereslah dan balik lagi ke lab!

Leave a Reply

