Malam Takbiran dan Mercon

Malam ini adalah malam takbiran. Tidak banyak aktivitasku yang akan aku lakukan dalam merayakan idul fitri tahun ini. Paling setelah sholat isya nanti, ikut mempersiapkan kebersihan dan sesuatunya di masjid dalam rangka persiapan sholat ied yang insaallah akan dilaksanakan besok pagi jam 08.30 JST.

Beda sekali memang suasana malam takbiran disini dengan di Indonesia. Jadi kangen kembali masa kecil. Banyak moment-moment yang sulit saya lupakan ketika masih kecil…ya saat masih SD. Dimana ketika malam takbiran, biasanya aku dengan teman-teman (wahono, purnomo, sukir dll) pasti ikut lomba takbir keliling antar mushola atau antar RT. Di hari terakhir puasa di bulan ramadhan biasanya sibuk dengan persiapan takbiran dari mempersiapkan lomba sampai dengan menyiapkan mercon atau kembang api. Yang pasti aku ingat ketika sebelum malam takbiran, Bapakku selalu membelikan banyak kembang api cuma untuk merconnya aku beli dengan cara sembunyi-sembunyi agar gak kena semprot.

Tetapi apa peristiwa yang membuat saya kapok di malam takbiran waktu itu. Ketika itu ada tetangga samping rumahku yang namanya Mbah Srini (kalau gak salah). Beliau sudah tua dan pada waktu itu beliau sakit-sakitan. Saya dengan teman-teman yang pada saat itu gak salah kelas 5 SD membunyikan mercon dan kembang api yang kita arahkan ke kebun kosong. Apesnya, dari beberapa mercon justru ada yang mengarah ke rumah Mbah Srini dan meletus dengan suara yang cukup kuat. Kontan saja suara itu membuat kaget Mbah Srini. Aku dan teman-teman takut setengah mati.

Kemudian terdengar ocehan marah Mbah Srini. Dalam hatiku sangat bersyukur karena beliau masih bisa marah …hahaha (pertanda jantungnya gak sampai copot..hehehe). Selain dapat semprot dari Mbah Srini, aku juga dapat semprot dari ibuku….tapi dasar masih anak-anak…..waktu itu aku sama teman-teman langsung lari dengan ilmu meringan tubuh (baca:lari sekencang-kencangnya) mencari areal yang lapang untuk melanjutkan aksi sekaligus mengindari kena semprot lagi. Sejak saat itu, aku kapok membunyikan mercon di dekat rumah. Peristiwa ini mungkin sudah terjadi 23 tahun yang lalu yang mungkin gak akan terulang. Tetapi bila teringat, bikin aku tertawa sendiri.

Malam Takbiran 1431 H
Munadi A
@Lebaran sendiri lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s