Masjid Pertama Di Jepang

Pada saat Natsu yasumi tahun ini yang jatuh di bulan Agustus 2009, aku sempat mampir ke kota Kobe yang terletak di dekat Osaka. Untuk mencari masjid di negara Jepang tidak semudah mencari masjid di Indonesia karena negara Jepang bukanlah negara muslim. Alhamdulilah sempat juga singgah di “Masjid Kobe”. Berikut ini adalah foto yang kuambil didepan masjid belum lama ini.
P1010287

Masjid Kobe merupakan masjid pertama kali yang didirikan di Jepang. Masjid ini didirikan pada tahun 1928 atas prakarsa pedagang muslim India yang membentuk Islamic Committee for Kobe. Seorang tokohnya, Mr. A.K Bochia pergi ke India untuk mengumpulkan donasi pembangunan masjid. Masjid ini beralamat Nakayamate Dori, Chuo-ku. Arsitektur masjid Kobe dikerjakan oleh seorang India dengan nuansa kental bangunan-bangunan di Turki. Hal ini tampak kentara sekali pada saat masuk ke dalam bangunan.

Masjid Kobe berfungsi normal pada tahun 1935, setelah mendapat persetujuan dari emperor. Dibuka secara resmi dengan solat pertama pada tahun tersebut pula. Masjid ini menjadi persinggahan ibadah bagi pedagang, guru, mahasiswa muslim yang merantau ke Jepang selain itu, orang asing atau orang Jepang sendiri bisa masuk masjid untuk melihat-lihat bangunan karena bangunan ini memang beda dari bangunan lainnya dan usianya sudah tua.

Kalau di Aceh terdapat masjid Baiturrahman Aceh yang tetap kokoh berdiri walau kena Tsunami, Masjid Kobe-pun demikian. Tahun 1945, Jepang terlibat perang Dunia Kedua. Penyerangan Jepang atas pelabuhan Pearl Harbour di Amerika telah membuat pemerintah Amerika marah dan memutuskan untuk menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. Kota Kobe juga tidak ketinggalan menerima akibatnya. Boleh dibilang Kobe menjadi rata dengan tanah. Dan ajaibnya, ternyata masjid ini tetap masih berdiri kokoh seperti terlihat pada gambar berikut ini yang aku dapat dari salah satu foto di dinding Masjid Kobe.
bomkobe

Kekokohan Masjid Kobe diuji lagi dengan Gempa Bumi paling dahsyat pada pukul 05.46, hari Selasa, tanggal 17 Januari 1995. Gempa ini sebenarnya bukan hanya menimpa Kobe saja, tapi juga kawasan sekitarnya. Gempa itu disebabkan oleh tiga buah lempeng yang saling bertabrakan, yaitu lempeng Filipina, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia. Meski hanya berlangsung 20 detik, gempa ini memakan korban jiwa sebanyak 6.433 orang. Selain itu gempa Kobe juga mengakibatkan kerusakan besar kota seluas 20 km dari pusat gempa. Selain itu juga telah teruji oleh gempa bumi besar Hanshin-Awaji merupakan gempa bumi terburuk di Jepang sejak Gempa bumi besar Kanto 1923 yang menelan korban jiwa 140.000 orang.

Tetpai alhamdulialah sampai saat ini, masjid Kobe tetap berdiri kokoh dan tegak, seakan tidak tergoyahkan meski didera berbagai bencana. Semoga Allah SWT selalu menjaganya!

Salam,

Munadi A.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s