Dua Tahun Engkau Telah Meninggalkan Kami & Kini Namamu Menjadi Nama Yayasan Pendidikan

Entah mengapa pikiranku hari ini tidak match, dari tadi pagi tidak bisa konsentrasi sama sekali, padahal Sensei sudah minta report research, dan aku sudah dikasih waktu satu minggu….tapi gak klar-klar juga. Dan gak tahu entah kenapa beberapa hari ini saya teringat kepada almarhum adik iparku “Zaki Mubarok” atau yang sering dipanggil “Kiki” yang sudah seperti adik kandung sendiri. Sudah hampir dua tahun almarhum meninggalkan kami dengan begitu banyak kenangan manis yang mungkin tidak bisa kami ulangi lagi.

Rasa kaget, marah, jengkel dll ketika almarhum dinyatakan gejala gagal ginjal padahal almarhum sepertinya biasa-biasa saja hanya mengeluh cepat capek. Agar segera sembuh, keluarga segera memeriksakan almarhum ke dokter yang kompeten. Dan ternyata memang benar kalau alhamhum mengalami gejala gagal ginjal. Kemudian almarhum menjalani pemeriksaan yang intensif di beberapa rumah sakit antara lain RS Karyadi Semarang, RS PGI Cikini Jakarta dan RS Mount Elizabeth. Kami sekeluarga akan mengikuti saran dari dokter-dokter demi kesembuhan almarhum walau bahkan harus tranplan ginjal. Tetapi ternyata semua dokter di RS tersebut justru tidak menyarankan untuk transplantasi ginjal karena kondisinya sudah baik hanya harus terapi dan perawatan insentif saja. Dan memang bisa dilihat kemajuannya dari aktivitas almarhum yang sudah biasa melakukan aktiviatas seperti biasanya. Bahkan di hari Jumat terakhir, almarhum masih menunaikan sholat Jumat di masjid yang berada di dekat rumah dengan kami bersama-sama.

Dan masih terrekam di memori otakku ketika di bulan September dua tahun yang lalu dia menghadap sang Khalik. Malam itu, almarhum minta ditemani tidur karena merasa tidak enak badan terutama rasa sesak nafas di tenggorokkannya. Dokter yang biasa menangani almarhumpun datang untuk mengecek kondisi alhamhum dan bilang kalau kondisinya baik berdasarkan hasil lab tadi pagi. Aku dan tante Ida yang biasa kami panggil “Mbak Ida” bergantian menemani tidur di kamarnya karena Ibu mau ke Jakarta dan Bapak selama tiga hari sedang melaksanakan tugas dinas di luar Semarang.

Seperti biasa, paginya kami sarapan bareng, aku, istriku, Ibu, almarhum, si bungsu “Eric” dan beberapa saudara yang kebetulan dolan di akhir pekan. Tetapi pagi itu almarhum merasa gak nafsu untuk sarapan dan bilang kalau nafasnya amat sangat tidak enak. Om kami yang kebetulan seoarang dokter mengecek juga bialng gak ada masalah. Dan kami menyarankan untuk istirahat. Aku sendiri setelah jam 8 pagi beristirahat dikamar tiduran, sedangkan almarhum ditemani oleh istriku dan salah satu om kami. Memang hampir semalaman almarhum mengeluhkan nafasnya.

Tidak kusangka ternyata malam itu adalah malam terakhir almarhum bersama kami. Tepat jam 09.20 tanggal 2 September 2007 hari Minggu, pada saat itu aku baru mandi dipanggil-pangkil Mbak Emi (adik Ibu)…agar segera ke kamar Kiki. Dengan pakaian seadanya, aku berlari ke kamar Kiki dan hatiku berdetak keras ketika kudengar suara jerit dan tangis dari istri, Ibu dan saudara lainnya. Inalilahi wa ina ilaihi rojiun….ternyata adikku Kiki telah dipanggil menghadap Allah SWT dengan mengucapkan kalimat syahadat di pangkuan ibu dan kakakmu dan dihadapan om Dayat dalam usia yang sangat muda. Lunglai sudah kaki-kakiku untuk menahan badanku dan menahan banjir air mataku ketika aku dan adikmu si Eric mendekabmu ragamu sudah tanpa jiwa.

4 responses to “Dua Tahun Engkau Telah Meninggalkan Kami & Kini Namamu Menjadi Nama Yayasan Pendidikan

  1. allahumma firlahu, warham hu, wa fuan hu, subhanallah, takjub ane ada orang diberi kesempatan, dia gunakan itu dgn sebaik- baiknya, barokallah.

  2. :)… sukses deh buat yayasannya, dan semoga dengan itu almarhum akan senantiasa hidup di hati orang2 yg menyayanginya. wah.. berarti jabatan nambah satu ya mas.. makin sibuk dunk..:), kapan muleh mas? kangen ki….

    • Amin….Bud…siap-siap tak ajak lari setelah aku pulang, ada banyak permintaan untuk pengembangan khususnya sekolah yang bertaraf internasional untuk ditambah bidang yang kita kembangkan!
      Oh ya…di gedung yayasan aku rcn nambah lab untuk pengembangan bidang kita.
      Doakan Des bs ke smg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s