Membabat Habis Novel ATAJ & ATWJ

Novel Ali Topan Anak Jalanan (ATAJ) dan Ali Topan Wartawan Jalanan (ATWJ)

Bosan memang yang kurasakan beberapa hari ini setelah berjibaku dengan Real Time Linux untuk aplikasikan Hand Robot control yang tak kunjung berhasil…..Dan akhirnya sampai juga pada hari sabtu sore…saatnya untuk melepas kepenatan sejenak untuk happy fun…Tak akan kusia-siakan waktuku dengan memplototi program-program real time linux melulu!!!

Ya..aku masih punya stock 2 novel yang belum aku baca. Mungkin novel ini sudah pernah difilmkan atau disenetronkan kalau tidak salah saat itu aku masih SMA…aku tapi itu gak penting…yang penting isi novelnya!
Ali Topan…pasti langsung terbayang sosok yang handsome dengan postur tubuh yang ideal dan cuek!
Ya..novel Ali Topan Anak Jalanan (ATAJ) dan Ali Topan Wartawan Jalanan (ATWJ). Kalau tidak salah kedua novel ini dikarang oleh Pak Teguh Esha pada era 70-aan yang terbit pada tahun 1977 & 1978 (aku baru diproses oleh ortuku!).
ali topan

Sore itu aku babat habis kedua novel tersebut yang menghabiskan waktu hampir 6 jam. ATAJ berisi tentang kisah seorang pemuda SMA bernama Ali Topan digambarkan sebagai anak jalanan yang handsome dengan tinggi 172 cm, berwarna kulit sawo matang, berasal dari keluarga berpunya, tetapi tidak bahagia dirumah karena kedua ortunya suka selingkuh baik bapak maupun ibunya, sehingga ia melampiaskannya dengan cara ngebut dengan sepeda motornya dijalanan. Ia adalah seorang yang punya prinsip, berani dan punya solidaritas tinggi pada sesama. Ia selalu memakai celana jeans kesekolah, tetapi tetap bisa menjadi juara kelas dan meraih nilai-nilai tertinggi yang menggambarkan anak jalanan yang cerdas. Ia menjadi trand mode anak yang cuek pada era itu.

Banyak hal yang bisa aku petik dari cerita ATAJ walaupun bisa dikatakan bukan jamannya Ali Topan lagi, tapi menurutku justru lebih realistis daripada cerita-cerita di senetron TV saat ini yang membuat aku jijik untuk
melihatnya!

Ya…seorang contoh Ali Topan yang sedang mencari jati diri ditengah kehancuran keluarganya dengan hal-hal yang menurutku masih positif dengan memegang kuat prinsip hidup sesuai dengan hati nuraninya.

Novel ke dua ATWJ merupakan kelanjutan novel ATAJ. ATWJ merupakan cerita setelah Ali Topan lulus SMA karena disaat itulah sebenarnya kehidupan nyata seorang ABG baru akan dimulai! ATWJ berisi tentang pembrontakan Ali Topan terhadap kehidupan orang tuanya yang tak bermoral, memilih hidup luntang-lantung. Walau ada kesempatan untuk jadi wartawan, Ali lebih senang hidup bertualang. Pekerjaan isengnya sebagai wartawan, melibatkannya pada satu kasus penculikan anak kecil. Jadilah Ali Topan semacam detektif partikelir. Yang menjadi novel kedua agak romantis adanya bumbu cinta Ali Topan pada Anna Karenina atau Nur Ranti. Dua cewek yang mempunyai karakter dan latar belakang berbeda. Dari kedua nama cewek ersebut, kalau mau jeli, penulis ingin menggambarkan karakter yang berbeda.
dian

Kalau mau diingat-ingat kayaknya ada lagunya yang dikarang oleh Guruh Sukarno Putra dinyanyikan oleh Chrisye Alm. Dan kayaknya lagu tersebut kalau kita dengar saat inipun bagus tidak seperti lagu-lagu band-band comberan!

Oh ya ini ada puisi yang cukup bagus dari novel diatas….
“Tentang Perjalanan Itu”

Ada terasa dalam kalbuku
Jalan panjang dan berliku-liku
Seperti dalam mimpi malam hari
Yang ‘ku tak tahu ujungnya.

Gadisku…
Aku ingin bersamamu
Lewat jalan itu
Tapi aku tak tahu apakah kau akan
tabah menemani ku.

Selama ini aku merasa sendiri
dan merintih dalam batinku
Tak banyak orang tahu
betapa sepi diriku.

Ya, aku coba bertahan. Selalu…
Segala duka ‘ku simpan di sini : di relung hatiku
Semua rindu ku pendam di sini : di ruang nuraniku.

Banyak jalan di dunia ini
Yang membahagiakan hanya satu
Apakah engkau sependapat denganku ?

Ada sesuatu yang bergolak
Rasa gelisah
dan dahagaku
Pada apa yang bernama Cinta
Tak hanya di antara kita…

Mau baca…silahkan download
sofcopynya di link berikut ini!
1. Ali Topan Anak Jalanan
2. Ali Topan Wartawan Jalanan
Edisi selanjutnya bila ada waktu akan aku baca Alexandra & Ali Topan ‘Ku Selalu Ada’!!!

Salam,

Munadi A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s