Belajar Teori Dasar Robotika

Kalau mendengar kata “robot” teringat “robot gedhec” yang lebih dulu beken daripada Kontes Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI)….he….3x. Mungkin bagi beberapa orang berpikir bahwa robot adalah sesuatu yang kaku dan sulit membuatnya…Pendapat tersebut memang tidak benar dan pula tidak salah tergantung kemauan kita untuk mempelajarinya.
robot

Untuk dapat membangun suatu robot diperlukan dasar-dasar pengetahuan dari tiga bidang yang terdiri dari :
1. Mekanika
2. Elektronika
3. Pemrograman (Control)
Integrasi dari ketiga bidang ini saat ini telah melebur menjadi suatu bidang baru yang dikenal sebagai mekatronika.

Okey…kali ini saya akan sharing beberapa teori dasar tentang robotika yang mungkin diantara teman-teman ada yang tertarik untuk mempelajari. Untuk mempelajarinya modal dasar adalah skill matematika terutama yang menyangkut matrix. Teori dasar robotika sebagai awalan yang akan saya sharing terdiri atas beberapa tahap antara lain :
1. Introduction / Pendahuluan
2. Kinematik
3. Dinamik

Berikut ini link yang bisa teman-teman download dan saya rasa cukup cocok bagi tema-teman yang ingin baca :
Stanford University

Sebelum dapat membuat suatu robot yang dapat melakukan hal-hal yang rumit, maka lebih mudah tentunya untuk mempelajari dan membangun suatu robot yang hanya dapat mengerjakan suatu tugas sederhana. Contohnya platform beroda yang dapat melewati rintangan ataupun dapat mengikuti garis. Dengan memulai dari yang sederhana selain lebih mudah untuk dipelajari, perangkat yang diperlukan juga lebih mudah untuk diperoleh dan lebih murah biayanya.

Ok…udah dulu ntar disambung membuat robot mainan sederhana…saya mau makan dulu….!

Salam,

Munadi A.

5 responses to “Belajar Teori Dasar Robotika

  1. buat robot itu apa susah sih n aku mau ke jurusan elektronika n apa di kasih materi tentang robot tolong dijawab lewat fb namaku nanda bahari.

  2. SAYA PROFESI GURU SMA INGIN BELAJAR TTG ROBOTIKA DARI DASAR UTK ANAK2 DIDIK SAYA DI SEKOLAH.. BISA DIBANTU DGN TUTORIAL YA.. TRIMA KASIH UNTUK SHARE-NYA.. KALO MEMANG BERJALAN BAIK.. TUHAN MEMBERKATI..

    • Klo jurusan bisa apa saja yg jelas setidaknya mengetahui ilmu dasar mekanik (unt frame dll), elektrik dan pemprograman. Jadi bisa dari jurusan mesin, elektro atau mekatronika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s