Biaya Hidup di Jepang

Tulisan ini saya buat untuk menjawab beberapa pertanyaan dari teman yang menanyakan tentang biaya hidup di Jepang. Biaya hidup di Jepang termasuk termahal di dunia. Ini dari beberapa sumber yang pernah saya baca soalnya saya sendiri belum mengalami hidup di negara lain selain Indonesia dan Jepang. Semoga saja selesai dari Jepang saya bisa lanjut ke USA! (halah….kapan pulang ke Indonesia?)
jepang

Sebenarnya mahal tidaknya biaya hidup dikembalikan pada individu masing-masing. Salah satu pertanyaan kepada saya berasal dari seorang mahasiswi dari Universitas Syiah Kuala Aceh yang sedang mengikuti seleksi beasiswa ke Jepang. Besar beasiswa 80.000 yen berbulan tanpa tuition fee. Ia menanyakan dengan beasiswa sebesar itu apakah cukup atau tidak untuk hidup di Jepang?

Berikut ini saya berikan gambaran biaya hidup di Jepang untuk single (tanpa keluarga) per bulan :
1 . Apato (Apartemen) Biaya (円) 35.000
2. Air 2.000
3. Gas 3.000
4. Listrik 4.000
5. Telpon 2.000
6. Internet 4.500
7. Makan 15.000
Total 71.500

1. Apato (Apartement)
Jangan dibayangkan apato semewah apartement di Indonesia. Apato di Jepang bisa dikatakan kamar yang lengkap dengan fasilitas kamar mandi dan dapur. Apato memang memiliki privasi tinggi karena setiap apato kebanyakan langsung memiliki pintu keluar sehingga si penghuni bisa pergi dan pulang ke apato bebas. Biaya sewa sebuah apato bervariasi tergantung fasilitas dan lokasi. Semakin dekat dengan kampus, maka harganya semakin mahal. Sewa apato kalau 1 DK (Dining Kitchen dalam satu ruang) berkisar antara 25.000 – 35.000. Tapi untuk kota-kota besar seperti Tokyo dan Asoka lebih mahal. Ada teman saya yang di Tokyo bilang klo untuk cari Apato dengan harga 50.000 (5 mang) dekat kampus sangat sulit….bisa dibayangkan!!!
apato2

Pada saat pertama kali kita menyewa apato, kita harus merogoh kantong kita cukup dalam karena harus membayar lebih untuk :
a. Fudosan (agent apato) : sebesar satu kali harga sewa apato : 30.000
b. Uang jaminan (shikikin 敷金) : biasanya dua kali harga sewa : 60.000
Uang ini akan dikembalikan pada saat kita akan keluar dari apato sekelah dipotong biaya membersihkan apato sekitar 22.000
c. Biaya sewa apato bulan pertama: 30.000
Jadi kurang lebih pada saat wal kita harus mengeluarkan uang sebesar 110.000 yen
1room

2. Air, gas, dan Listrik
Untuk item ini sebenarnya relatif karena tergantung penggunaan. Biaya listrik dan gas biasanya akan naik pada bulan winter karena dingin (apalagi bersalju/yuki) sehingga kita sering menggunakan heater.
kitchen

3. Telepon
Biaya telepon yang mahal justru kalau telpon ke Indonesia. Tapi ini biasa disiasati menggunakan Voip dan sejenisnya sehingga mengurangi cost telpon ke Indonesia. Dari sekian cara yang pernah saya coba, cara paling murah atau boleh dibilang gratis adalah menggunakan skype (bukan promosi lho!!!) Tapi syaratnya si penerima juga sudah terpasang internet. Pengalaman saya di rumah semarang saya pasang internet memakai speedy dengan paket personal (muuurah pakai buaanget cuma Rp. 150.000,- perbln). Dengan cara tersebut bisa ngomong sampai telinga panas!!! Tapi kata teman saya yang tinggal di Jakarta, speedy sudah crowded sehingga jaringannya lemah sekali.

4. Internet
Sebenarnya tidak harus pasang karena di kampus (lab masing-masing) sudah ada, jadi kita bisa menggunakan fasilitas kampus.

5. Makan
Kalau makan sudah jelas tergantung pada selera kita masing-masing. Yang jelas kalau masak sendiri lebih murah dibandingkan beli. Sebagai gambaran kalau beli makan siang plus minuman sekali makan sekitar 500-600 yen.

6. Lain-lain
Item ini tidak selalu ada. Item ini misalnya buku dan biaya transportasi. Sebenarnya kalau jaraknya tidak terlalu jauh, kita sering menggunkan sepeda (jitensha). Nah, baru kalau ke luar kota kita menggunakan kereta api (densha atau shinkansen).

Ok, semoga tulisan singkat ini bisa membantu yang sedang membutuhkan info diatas. Gambate!

Salam,

Munadi Akrom

4 responses to “Biaya Hidup di Jepang

  1. Biaya transport — ada gambaran nya ga mas ? Lalu biaya printilan2, kayak beli baju winter, rekreasi ala student dll

    tks Mas, sangat membantu sekali🙂

    • Tergantung kotanya Ki…klo Kota besar sprt Toyo, Osaka dll pakai kereta (subway) tergantung jauh dekatnya lokasi dengan apato (bisa berlangganan kok jd agak lbh murah). Unt biasa baju dkk itu relatif …gak mahal2 amat tp jelas tetap murah di Dago lah…^_^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s