Beasiswa ke Jepang

Artikel ini semoga memeberi manfaat kepada teman-teman yang tertarik melanjutkan studynya ke Jepang. Artikel ini adalah sebagian file saya yang saya rangkum menjadi sebuah artikel pada saat saya mencari beasiswa untuk study lanjut ke Jepang.

Berikut ini beasiswa yang tersedia di Jepang :
1. Beasiswa Monbukagakusho
Beasiswa Monbukagakusho (Monbusho) adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT) atau Kementerian Pendidikan Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
* Monbukagakusho
* Kedutaan

2. Beasiswa Panasonic
Beasiswa Panasonic adalah beasiswa yang disediakan oleh Panasonic Foundation, milik Matsushita Electric Company dengan produk2 elektronik terkenalnya bermerek Panasonic. Jumlah penerima beasiswa ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Monbukagakusho dan proses seleksinya relatif lebih ketat. Besar dana yang kita dapatkan tiap bulan juga relatif besar. Kalau tidak salah tahun ini ada 3 mahasiswa dari Indonesia. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini: Panasonic.

3. Beasiswa Hitachi
Beasiswa Hitachi adalah beasiswa yang disediakan oleh Hitachi Scholarship Foundation, milik Hitachi Group dengan produk2 elektronik terkenalnya bermerek Hitachi.Jumlah penerima beasiswa ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Monbukagakusho dan proses seleksinya relatif lebih ketat. Nominal beasiswa yang diberikan juga lebih besar dari Panasonis dan Monbukagakusho. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini:
Hitachi.

4. Beasiswa JICA
Beasiswa JICA adalah beasiswa yang disediakan oleh Japan International Cooperation Agency.JICA adalah sebuah organisasi kerjasama internasional Jepang dalan upayanya membangun jaringan dan kontribusi bagi negara2 berkembang di seluruh dunia.Nominal beasiswa yang diberikan juga lebih besar dari Panasonis dan Monbukagakusho. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini: JICA.

5. Beasiswa Sato atau SISF
Beasiswa SISF atau lebih terkenal dengan sebutan beasiswa Sato adalah beasiswa yang disediakan oleh SISF (Sato International Scholarship Foundation ) dengan Mr.Sato sebagai foundernya. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini: Sato.

6. Beasiswa ASF
Beasiswa ASF(Asian Scholarship Foundation ) adalah beasiswa yang disediakan oleh ASF. Siapa saja yang berhak melamar, prosedur lamaran, persyaratan, kapan dibuka, berapa besar beasiswa dan informasi lengkap lainnya bisa anda dapatkan di link ini: ASF.

7. Private Scholarship lainnya
Untuk informasi tentang beasiswa2 yang disediakan oleh yayasan2 swasta lainnya di Jepang yang jumlahnya cukup buanyak, anda bisa obrak-abrik link dibawah ini. Link dibawah ini menurut saya juga perlu untuk diketahui bagi siapa saja yang ingin study di Jepang:
* Study
* Jasso

Ok…selamat berselancar ria…

Salam,

Munadi A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s