Cara Jailbreak dan Unlock iPhone 3G

Ketika ingin membeli IPhone ternyata charge bulannaya lumayan mahal, maklum bukan Jepang kalau tidak mahal. Saya berpikir bagaimana caranya mempunyai IPhone tanpa harus bayar layanan bulanan. Ya…satu-satunya cara adalah dengan menjaibreaknya sekaligus mengunlocknya. Walaupun belum pernah melakukan kedua proses tersebut, dengan tekat bulat dan rasa ingin tahu, kubeli iPhone untuk dijailbreak dan diunlock agar bisa saya gunakan.
A. Jailbreak
Jailbreak bisa saya artikan bagaimana kita bisa mereset ulang iPhone yang baru kita beli agar kita bisa mengakses menu standart yang ada pada iPhone. Konsekuensi dari kita melakukan adalah hilangnya garansi dari apple.
Langkah jailbreak :
1.Download file blackra1n.exe dari http://www.blackra1n.com/
Pilih file yang didownload dengan jenis OS yang anda gunakan yaitu windows atau mac.
2.Sambungkan kabel USB atau power charge kabel IPhone ke PC/labtop
Pada proses ini, IPhone bisa menggunakan SIM card ataupun tidak. Nyalakan power IPhone.

3.Eksekusi file blackra1n.exe
Dengan mengdoble klik file blackra1n.exe, proses eksekusi terjadi dan tekan “make it ra1n”, selanjutnya tunggu sampai proses selesai. Proses ini tidak butuh waktu yang lama. Setelah selesai, reset power iPhone dan lepas kabel USB dari PC/labtop.

4.Nyalakan kembali power IPhone shg menu standart iPhone tampak springboard IPhone dan terdapat menu/file blackra1n.exe dalam layar iPhone.

Demikian proses jailbreak sukses dan selesai.

B. Unlock
Pada dasarnya unlock IPhone bisa diartikan cara agar bermacam jenis SIM card bisa digunakan sekaligus untuk membuka aplikasi IPhone sehingga bisa diakses menu applikasinya. Untuk mengunlock iPhone, langkahnya :
1. IPhone harus terkoneksi dengan jaringan internet.
Untuk memastikan caranya adalah :
Pilih menu Setting, Wi-Fi, pilih ON, pilih salah satu network yang terdetaksi, tekan symbol gembok dan masukkan password. Bila sudah terkoneksi maka dibagian atas akan terlihat signal wifi.
2. Install Snow
Langkahnya :
a. Klik/tekan/pilih blackbra1n.exe pada iPhone.

b. Pilih Snow dan tekan install
3. Instal Cydia
Pilih Cydia dan install.

4. Unistall blackra1n.exe

Sebenarnya ini adalah optional, bila tidak perlu untuk jailbraik lagi sebaiknya file ini diuninstall tetapi bila tidak diuninstall juga tidak masalah. Dan tampilan pada springboard seperti berikut :

C. Itunes
Itunes adalah software applikasi yang dibuat oleh apple sebagai penghubung antara iPhone dengan pihak apple sekaligus juga sebagai pintu masuknyanya file dari luar kedalam IPhone. Langkah selanjutnya agar IPhone bisa digunakan :
1. Download Itunes.exe di http://www.apple.com/itunes/download/
2. Install Itunes pada PC/labtop dan setelah selesai, PC/labtop direstart.
3. Hubungkan kabel USB IPhone dengan PC/labtop.
4. Buka aplikasi Itunes, dan selanjutnya buat account ID Itunes sehingga Anda bisa download applikasi baik yang gratis (misal fecebook, skype, YM, dictionary dll) maupun yang harus beli. Kalau ingin yang gratisan, bisa dicari file-file application di torrent.

5. Setelah mendownload applikasi, bisa langsung diinstalkan ke IPhone.

6. Kalau hanya untuk mentransfer gambar, video ataupun music, tidak harus Itunes dalam keadaan online. Misal ingin mentransfer folder lagu dari labtop ke IPhone, maka bisa dilakukan dalam keadaan Itunes offline.

43 responses to “Cara Jailbreak dan Unlock iPhone 3G

  1. makasih info unlock nya.
    mau nanya nih, kalo iphone sudah di unlock, apakah nomor jepang yg saya punya saat beli iphone ini masih bisa digunakan normal ?
    yang dimaksud bisa pake semua sim card itu maksudnya, semua sim card meskipun itu bukan sim card khusus buat iphone ?
    makasih ya…

    • Sama2.
      1. Masih bisa digunakan dengan normal
      2. SIM CARD dari Indonesia (Sempati, hallo, mentari dkk)
      Note : iphone yg sdh diunlock jgn smp baterainya bener2 habis, bila mendekati zero lbh baik dimatikan bila blm sempat charge, krn bila benar2 smp habis, software applikasi hrs didownloadkan lagi dr itune dr PC/laptop kita lagi.

  2. mas mo nanya.,saya beli iphone bekas di internet,.tp stlh dteng kluarnya cuman gambar kbel n itunes.,ituch knpa ya ,?n hrus di apakan.,.mksh infonya mas.,

    • Krn second ada kemungkinan itu di format bhsnya klo komputer. Gak papa..agar bs digunakan (bs menampilkan menu/feature iphone) di jailbreak aja…setelah selesai di unlock agar bs membuka aplikasi. Langkah2 yg sy tulis itu sdh beberapa kali sy praktekkan dn berhsl…diikuti sj mas tahapannya. Smg bermanfaat.

  3. mas mau nanya saya beli iphone second dan saya upgrade skrg ke lock dan butuh simcard aslinya… kira” harus diapain ya supaya bisa dipake soalnya sim card aslinya udah gak ada :(

  4. Mas, mau tanya iphone 3g sya beli di jepang n sudah di jailbreak n bisa dipakai d indonesia, saya ngak sengaja memilih pilihan reboot di iphone, setelah restart ada info SIM failure dan sinyal hilang(no service) sampai sekarang, bagaimana solusinya ya??, saya belum ngerti masalah jailbreak nih

  5. Mas, mo tanya iphone saya 3gs, kalo saat buka aplikasi yahoo messenger, whatsapp or semua aplikasi yang ada notifikasinya selalu ada pesan “connect to itunes to use push notifications” padahal saya sudah connect ke itunes tapi selalu mucul pesan ini dan kalo buka youtube via icon yang ada di iphone tidak bisa “cannot connect to youtube” dan apakah semua versi ios iphone dan firmware bisa di jailbrake dan unlock seperti cara diatas ?? mohon solusi dan informasinya, terimakasih

    • Unt “cannot connect to youtube” sy pernah alami dan saya ulangi proses, kmdn bs….unt yg “connect to itunes to use push notifications”….mhn maaf saya blm pernah mengalami shg blm bs memberikan solusinya mas. Sekali lagi mohon maaf.

  6. mas numpang atanya,kalo kita lupa passcode iphone,apa yang bisa dilakukan? kaena sampe sekarang saya belum bisa buka passcode nya. iphone 3g 32gb.
    terimakasi….

  7. sama nih mao nanya.. saya upgrade itunes eh jd ke lock.. dia hanya ada tulisan sim/passcode.. sama slide emergency … gmn ya?
    thanks sebelumnya ..

  8. saya punya iphone 3g SU, selesai di upgrade ios 4.0 malah masuk emergency call, belum di JB ataupun di unlock, butuh saran secepatnya.

  9. mas numpang tanya..
    m tolong dijawab ya
    saya punya IPHONE 4
    setelah di upgrade ke os 4.3.4
    sinyal nya malah hilang
    …..
    mohon solusinya mas…

    terimakasih….

  10. maaf mau nanya, saya mau nitip temen iphone 4 di jepang, apa nanti ketika dibawa ke indonesia masih bisa dipakai? teman saya tdk mampir ke hongkong, dimana ada iphone yg FU. makasih

  11. gan saya mau nanya! saya beli iphone second , tapi belom di jailbreak! umtuk jailbreak waktu yg dibutuhkan lebih dari 1 jam?
    lalu id itunes dan apps storenya harus dibikin lagi?

  12. mas mau tanya, kalo iphone udah di jail break bisa dibalikin kayak sebelum di jailbreak lagi nggak?
    oh iya iphone sayang 3GS 16GB. kmren mau upgrade OS 5.0.1 sama mau ngejailbreak tp katanya kalo dijailbreak OS segitu, kalo mati harus dibawa ke konter itu lagi.
    oh iya bedain FU sm SU gmn ya mas? saya percaya hp saya FU (soalnya udah pernah reset tp nggak ke unlock, terus appsnya tetep)
    mohon pencerahannya

  13. mau tanya gan ?saya punya iphone 4 modem firmware nya 04.11.08. ga bisa pakai kartu indo gimana caranya dan ada tempat yang agan tahu yg bisa buka unlok nya tolong info nya gan

    • Kayaknya udah bisa mas…soalnya tmn sy dl udah ada yg nyoba n berhasil. Lokasi mas dimana…bawa aja ke counter2 HP yg menyediakan unlock…banyak kok mas sekarang di mal2.

  14. bro,sekitar 6 bulan yang lalu saya di kasih iphone 3gs 32 gb dari jepang,di setting apa gak tau sama temen supaya bisa kebaca cardnya di indonesia.memang bisa tapi beberapa minggu ini signalnya hilang masuk hilang masuk,kalo masuk sinyalnya E,gak biasanya
    sekarang malah no service,kata apple store nya hp iphone saya di jailbreak.sekarang sinyal gak bisa masuk.apa solusinya?thanks

  15. mau tanya nich Mas, saya punya iphone 4 modem firmware nya 04.12.01. di beli di jerman, tapi waktu di bawa pulang ga bisa pakai kartu indo gimana caranya dan ada tempat yang agan tahu yg bisa buka unlock nya tolong info nya gan
    Apa ada software yang mana kita bisa unlock sendiri dari PC … sebelumnya Matur thanks

    • Kayaknya itu berarti belum di jailbreak & unlock. Klo dijailbreak n unlock maka akan hilang garansinya lho mas. banyak kok di counter2, tergantung dimana lokasi kota njenengan mas.

Leave a Reply

