Keindahan Jembatan Gantung Terpanjang di Jepang

Baru liburan kali ini aku sempat melihat dekat ke Jembatan Akashi-Kaikyō (明石海峡大橋; Akashi Kaikyō Ō-hashi) dimana sebelumnya paling hanya bisa melihat dari kereta bila melewati kota Kobe. Ketika berada dekat dengan jembatan ini ternyata perasaan nyaman yang didapat, selain tempatnya bersih, angin sepoi-sepoi yang menambah ingin berlama-lama di tempat ini.
P1010271

Jembatan Akashi-Kaikyō merupakan jembatan gantung (suspension bridge) di atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini terdiri dari 3 rentangan dengan panjang keseluruhan 3.911 meter. Panjang rentangan utama yang ada di tengah-tengah 1991 meter. Jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia tetapi saat ini ada rencana Pemerintah Jepang untuk membuat jembatan gantung yang lebih panjang lagi.
250px-Akashi-kaikyo_bridge3

Jembatan ini digagas pemerintah sebagai respon bentuk kemarahan masyarakat atas terjadi tabrakan akibat cuaca buruk di Laut Pedalaman Seto antara 2 kapal feri yang sedang menyeberang derasnya selat Akashi dengan korban 168 tewas yang sebagian besar anak-anak sekolah yang sedang studi wisata pada tahun 1955. Pembangunan fisik dimulai tahun 1988 dan dibuka untuk umum pada April 1998.

Karena kondisinya bersih dan asri, jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata. Dilingkungan jembatan ini dilengkapi dengan museum dan taman yang asri. berikut ini adalah salah satu taman dibagian sisi kiri dari jembatan.
P1010281

Oh ya…karena jembatan ini dekat eki (stasiun) dan hanya butuh waktu sekitar 5 menit dengan jalan kaki dari eki, maka dapat dicapai dengan kereta JR dan kereta Sanyo Dentetsu.

Salam,

Munadi A

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s